Perekonomian Jerman Melemah, EURUSD Melemah Tajam

Perekonomian Jerman Melemah, EURUSD Melemah Tajam

Selasa, 15 Januari 2019 17:49:15 WIB

EURUSD melemah tajam ke level 1.1423 setelah perekonomian Jerman membukukan perlambatan selama lima tahun terakhir. Tercatat pertumbuhan ekonomi Jerman hanya di angka 1,5% pada tahun 2018.

Pasar telah terpukul oleh kondisi perlambatan ekonomi di negara ekonomi terbesar zona euro tersebut. Sebelumnya, pada rapat kebijakan moneter European Central Bank (ECB) terakhir pada tahun 2018, mereka memang memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi di zona euro.

Selanjutnya, sentimen pelemahan EURUSD berpotensi berlanjut karena hari ini Parlemen Inggris akan melaksanakan voting terhadap kesepakatan awal Brexit dengan Uni Eropa yang sudah dipegang oleh Perdana Menteri Theresa May. Diperkirakan parlemen akan menolak kesepakatan awal tersebut. Jika benar, maka persoalan Inggris yang akan berpisah dari Uni Eropa belum akan terselesaikan.

Selain itu, pidato Presiden ECB Mario Draghi pukul 22.00 WIB juga akan menjadi fokus para pelaku pasar. Pasalnya, ECB kini sudah menjalankan atau sudah mencabut program stimulus besar-besaran yang dimulai pada akhir tahun 2018 lalu.

Pukul 17.45 WIB EURUSD diperdagangkan di level 1.1430 melemah sekitar 37 pip dari level penutup pada perdagangan kemarin.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search