Pernyataan Negatif Trump Kembali Berhasil Membuat Dollar Melemah

Pernyataan Negatif Trump Kembali Berhasil Membuat Dollar Melemah

Selasa, 21 Agustus 2018 22:46:41 WIB

Hari ini pasar seakan mengamini pernyataan Presiden Trump kemarin malam terkait kritiknya terhadap kenaikan suku bunga. Indeks dollar membukukan pelemahan empat hari berturut-turut, dua sesi perdagangan diantaranya tertekan oleh sentimen pernyataan negatif Trump.

Ini adalah kedua kali Trump menyampaikan kekecewaannya terhadap kebijakan suku bunga The Fed yang secara agresif akan menaikkan suku bunganya. Sejak Trump memimpin AS, The Fed tercatat telah menaikkan suku bunganya hingga lima kali.

Selain mengomentari kembali kebijakan kenaikan suku bunga, Trump juga seakan mengulangi penilaiannya terhadap manipulasi pelemahan mata uang China (yuan) dan Uni Eropa (eropa). Melihat bahwa kedua mata uang ini memang tertekan di tengah terus menguatnya dollar karena outlook kenaikan suku bunga. Trump melihat bahwa ini suatu bentuk peremehan dollar.

Nampaknya sentimen pelemahan dollar kali ini dapat dikatakan hanya sementara karena melihat secara otoritas, kebijakan Federal Reserve seharusnya bersifat independen dari pengaruh politik. Untuk selanjutnya investor menantikan hasil FOMC Minutes yang dirilis Kamis dini hari nanti.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search