Potensi Pengunduran Diri PM Inggris Jelang Brexit Tekan GBPUSD

Potensi Pengunduran Diri PM Inggris Jelang Brexit Tekan GBPUSD

Jum'at, 09 Agustus 2019 10:45:26 WIB
Situasi politik Inggris makin memanas jelang keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang dijadwalkan tanggal 31 Oktober 2019. Ada kemungkinan parlemen Inggris memberikan mosi tidak percaya kepada Perdana Menteri Inggris yang baru, Boris Johnson, sebelum terjadinya BREXIT.

Kabar ini memberikan tekanan bagi pergerakan poundsterling terhadap dollar AS (GBPUSD). GBPUSD bertahan di bawah 1.2150 dan saat ini (9/8) bergerak di kisaran 1.2135.

Boris Johnson bersikeras akan tetap membawa Inggris keluar dari Uni Eropa dengan atau tanpa kesepakatan. Sikap Boris yang menyetujui BREXIT tanpa kesepakatan (no-deal) ditentang oleh banyak anggota parlemen.

Hal ini memungkinkan parlemen Inggris melakukan voting mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Boris Johnson yang bisa dilakukan saat parlemen Inggris selesai reses atau libur musim panas. Diperkirakan di awal September 2019 menjelang jadwal BREXIT.

Mosi tidak percaya ini bisa menekan PM Inggris untuk mundur dari jabatannya. Dan ini akan membawa situasi politik di Inggris menjadi penuh ketidakpastian dan menambah kekhawatiran pasar terhadap kondisi perekonomian Inggris.

Boris mengatakan bahwa pemerintah Inggris saat ini sedang bekerja keras untuk menggolkan kesepakatan dengan Uni Eropa agar Inggris bisa keluar dari Uni Eropa dengan kesepakatan.

Menanggapi soal mosi tidak percaya, Boris mengatakan bahwa parlemen Inggris harusnya menghormati mandat publik untuk keluar dari Uni Eropa tanggal 31 Oktober.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search