Prospek Kenaikan Suku Bunga Pekan Ini Malah Buat Dollar Melemah

Prospek Kenaikan Suku Bunga Pekan Ini Malah Buat Dollar Melemah

Senin, 17 Desember 2018 20:18:18 WIB

Kekuatan dollar balik melemah di perdagangan sesi AS hari ini. Di tengah minim rilis data penting dari AS, indeks dollar pada hari ini cenderung terkoreksi. Para pelaku pasar menanti pengumuman kebijakan moneter The Fed pada Kamis dini hari nanti.

Pasar berekspektasi bahwa The Fed akan menaikkan suku bunganya pada rapat kebijakan di akhir tahun 2018 ini. Meski begitu, yang akan menjadi fokus pasar adalah outlook kebijakan moneter The Fed pada tahun depan. Ini karena probabilitas kenaikan suku bunga selanjutnya telah menurun.

Tadinya, The Fed diperkirakan akan agresif menaikkan suku bunga hingga tiga kali di tahun depan. Namun melihat prospek perekonomian di AS yang terancam yang salah satu alasannya terkena dampak dari perang dagangnya dengan China, membuat pasar hanya berekspektasi kenaikan suku bunga selanjutnya diperkirakan hanya satu kali.

Pada penutupan perdagangan lalu, dollar mendapat sentimen positif setelah European Central Bank (ECB) justru memberikan komentar yang dianggap dovish. Bank sentral zona euro itu malah memangkas outlook perekonomian zona euro seperti inflasi dan angka pertumbuhan domestik brutonya. Hal ini membuat euro melemah tajam dan menopang indeks dollar.

Hingga pukul 20.15 WIB indeks dollar berada di level 97.20 turun cukup tajam dari penutupan level pada Jumat lalu di 97.45.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search