Rally Bursa Saham Pulihkan Euro

Rally Bursa Saham Pulihkan Euro

Kamis, 05 Juni 2014 23:57:43 WIB

Monexnews - Euro berbalik menguat pada hari Kamis, berhasil pulih dari penurunan akibat pengumuman tingkat suku bunga negatif oleh European Central Bank guna mengatasi rendahnya tingkat inflasi, seiring penguatan pada bursa saham Wall Street dan kenaikan pada yield obligasi AS. Euro, mata uang bersama 18 negara di Eropa yang sebulan lalu menembus ke bawah $1.40, pada hari Kamis terakhir kali diperdagangkan di sekitar 1.3640 saat ini, setelah sempat menyentuh level rendah 4 bulan di sekitar $1.3502. Euro telah melemah lebih dari 1% terhadap dollar sejauh ini di tahun 2014, dan juga melemah sebanyak 0.1% terhadap yen Jepang dan 0.40% terhadap pound Inggris pada hari Kamis.

Dalam usaha untuk menopang perekonomian zona

euro dan menghindari deflasi seperti di Jepang, European Central Bank memangkas tingkat suku bunga ke rekor rendah, memperkenalkan tingkat suku bunga negatif yang mengenakan biaya untuk menabung, dan menawarkan pendanaan jangka panjang baru untuk bank-bank. Petinggi ECB menghentikan pembelian aset skala besar untuk saat ini, namun Presiden ECB Mario Draghi mengatakan akan mengambil langkah lebih lanjut jika dibutuhkan.

Bursa saham zona euro juga mencetak rally, didpicu oleh sektor perbankan dan serba-serbi, seiring pengumuman kebijakan ECB mengangkan indeks blue-chip Jerman DAX ke level tinggi sepanjang masa pada 10,013.69, sebelum kembali terkoreksi menuju 9,967.01, mencetak kenaikan secara keseluruhan sebesar 0.4% untuk hari ini.

"Hal ini sangat positif untuk bursa saham karena implicit dalam pengumuan tersebut adalah tingkat suku bunga akan berada di level rendah untuk waktu yang sangat lama," ucap Manish Singh, direktur dan kepala layanan investasi pada Crossbridge Capital.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search