RBA Diperkirakan Turunkan Bunga Hari Ini, AUDUSD Melemah ke 0..6971

RBA Diperkirakan Turunkan Bunga Hari Ini, AUDUSD Melemah ke 0..6971

Selasa, 04 Juni 2019 10:17:57 WIB

AUDUSD berada dalam tekanan jelang pengumuman keputusan rapat kebijakan moneter Reserve Bank of Australia (RBA) pada pukul 11.30 WIB yang diperkirakan akan memangkas bunga acuan.

Pada hari ini, RBA secara luas diperkirakan menurunkan bunga 25 basis poin menjadi 1,25 persen. Namun fokus investor saat ini adalah berapa kali lagi RBA akan menurunkan bunga. Dalam rapat dewan gubernur RBA hari ini diperkirakan hanya 2 anggota atau 5 persen suara yang ingin RBA mempertahankan bunga 1,5 persen.

Pada pertemuan terakhir bulan lalu,RBA secara mengejutkan mempertahankan bunga kendati kuartal pertama lalu inflasi sangat rendah. Sebagai proxy ekonomi China, ekonomi Australia ikut terpapar perlambatan ekonomi yang dialami China akibat perang dagangnya dengan Amerika Serikat.

Reli pasar obligasi global yang berlangsung belakangan ini membuat yield obligasi pemerintah Australia tenor 10 tahun yang jadi acuan, berada di bawah bunga acuan RBA saat ini di 1,5 persen, pertama kalinya sejak 2015.

Pelemahan Aussie tertahan karena dollar AS juga sedang mengalami aksi jual massif seiring pernyataan Ketua Fed St Louis James Bullard yang mengisyaratkan akan ada penurunan bunga The Fed pada bulan depan.

Saat penulisan, AUDUSD diperdagangkan di 0.6971, turun 3 pip dari penutupan sesi Amerika Senin.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search