RBA Tidak Pangkas Suku Bunga, AUD Menguat

RBA Tidak Pangkas Suku Bunga, AUD Menguat

Selasa, 03 Desember 2019 11:06:23 WIB
Hari ini (3/12) pukul 10.30 WIB, Bank Sentral Australia (Atau dikenal dengan RBA) mengumumkan kebijakan suku bunga acuannya. Dan hasilnya RBA tidak memangkas suku bunganya yang sekarang berada di level 0,75%. Keputusan ini telah mendorong dollar Australia (AUD) menguat terhadap dollar Amerika Serikat (USD) dari level 0.6818 ke level 0.6840.

Sebelumnya diberitakan bahwa RBA bisa memangkas suku bunga acuan pada pertemuan hari ini. Namun ternyata tidak terjadi demikian sehingga keputusan ini mendorong penguatan dollar Australia. Selain itu, pernyataan RBA bahwa risiko pelambatan ekonomi global telah menurun juga membantu penguatan dollar Australia.

RBA juga mengatakan bahwa gambaran ekonomi global masih bagus meski masih ada resiko pelambatan. Tingkat suku bunga acuan akan tetap rendah untuk saat ini. Suku bunga yang rendah ini akan mendukung peningkatan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan pendapatan. Kenaikan di upah atau gaji akan menjadi perkembangan yang baik. Pelemahan pertumbuhan pendapatan rumah tangga bisa menurunkan tingkat belanja. Sementara tingkat inflasi di Australia akan mendekati 2% di tahun 2020 dan 2021.

Bank Sentral Australia masih membuka kemungkinan pelonggaran moneter lebih lanjut bila diperlukan. Kondisi yang mendorong hal demikian kemungkinan adalah perang dagang yang berlarut dan penurunan indikator ekonomi Australia seperti data tenaga kerja dan data tingkat pertumbuhan.

Meskipun dollar Australia menguat karena RBA, pasar akan tetap mewaspadai perkembangan negosiasi dagang AS dan Tiongkok. Hasil negosiasi yang bagus akan semakin menguatkan dollar Australia, dan sebaliknya, hasil negosiasi yang buruk akan menenggelamkan dollar Australia. Tiongkok merupakan pasar bagi produk komoditas Australia. Bila perekonomian Tiongkok terganggu karena soal perdagangan dengan AS, Australia akan mendapatkan dampak negatif.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search