RBNZ Pangkas Suku Bunga 50 BP, NZDUSD Melemah Tajam 120 Poin

RBNZ Pangkas Suku Bunga 50 BP, NZDUSD Melemah Tajam 120 Poin

Rabu, 07 Agustus 2019 09:55:54 WIB
Bank Sentral Selandia Baru (RBNZ) telah mengumumkan pemangkasan suku bunga acuannya tadi pagi (7/8). Suku bunga acuan dipangkas melebihi ekspektasi pasar menjadi 1,00% versus ekspektasi 1,25% dari sebelumnya 1,50%.

Pemangkasan suku bunga acuan 50 basis poin (bp) ini telah mendorong pelemahan tajam dollar Selandia Baru (NZD) terhadap dollar Amerika Serikat (AS). NZDUSD terpangkas lebih dari 120 poin, dari level 0.6545 ke level 0.6422.

Dewan gubernur Bank Sentral Selandia Baru melihat bahwa inflasi Selandia Baru masih di bawah target 2 persen, outlook pasar tenaga kerja masih lemah, pertumbuhan GDP masih melambat dan kondisi global masih lemah.

Selain itu, tingkat imbal hasil obligasi pemerintah jangka panjang juga dalam tren penurunan dan telah mencapai level terendah sepanjang sejarah. Tingkat imbal hasil yang lemah ini menunjukkan ekspektasi pasar terhadap kondisi suku bunga yang rendah.

Dengan kondisi yang demikian, dewan gubernur menyetujui pemangkasan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin dan diharapkan dapat mendukung pencapaian target inflasi dan penciptaan lapangan pekerjaan.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search