Sempat ke Level Terendah Sejak 2009, AUDUSD Mulai Pulih

Sempat ke Level Terendah Sejak 2009, AUDUSD Mulai Pulih

Kamis, 03 Januari 2019 11:34:44 WIB

AUDUSD turun ke level terendah sejak 2009 atau 10 tahun lalu di perdagangan Kamis (3/1/2019). Ketidakpastian masa depan ekonomi global di tahun ini yang terlihat dari data manufaktur China yang terkontraksi membebani pasar dan menjadi pemicu aksi jual Aussie.

Dollar Australia seiring diasosiasikan sebagai cerminan minat aset berisiko global, sempat menyentuh intra-day low di 0.6776, level terendah sejak 2009, sebelum tertekan lebih dalam ke 0.6745 beberapa saat kemudian.

Pasangan mata uang ini sempat terjun 238 pip dan menyentuh level terendah 0.6745, sebelum kemudian berbalik ke 0.6936 saat penulisan, atau melemah 0,67 persen (47 pip) dari penutupan kemarin.

Data manufaktur China yang terkontraksi melemah Aussie sejak Rabu kemarin. Ekonomi China yang memburuk menekan Aussie sebagai proxy ekonomi China. Analis berpikir prospek dollar Aussie dapat membaik jika ada kemajuan signifikan dalam pembicaraan perdagangan AS-China yang dijadwalkan berlangsung akhir bulan ini.

Pembicaraan ini harus menghasilkan kesepakatan yang cukup komprehensif sebagai prasyarat minimum untuk pemulihan sentimen aset risiko global dan dollar Australia yang lebih kuat, kata kepala strategi mata uang di National Australia Bank (NAB) dalam sebuah catatan.

Jika hasilnya demikian, NAB memperkirakan dollar Australia akan diperdagangkan kembali dengan cukup nyaman di atas 0,70 sebelum kuartal pertama berakhir.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search