Sentimen Positif dari Brexit dan Italia Menyeret Turun Indeks Dollar

Sentimen Positif dari Brexit dan Italia Menyeret Turun Indeks Dollar

Senin, 26 November 2018 16:01:11 WIB

Pasca hari libur Thanksgiving, pada awal perdagangan pekan ini indeks dollar terseret melemah di tengah sedang menguatnya euro dan poundsterling.

Dari Inggris, sentimen positif dari Brexit mampu sedikit menopang poundsterling. Pada hari Minggu, proposal negosiasi Brexit yang dibawa Perdana Menteri Theresa May akhirnya disepakati oleh Uni Eropa. Untuk selanjutnya, May tinggal mengambil voting di Parlemen Inggris. Meski jajaran Parlemen diperkirakan akan menolak proposal itu, namun kabar baik tersebut mampu menopang poundsterling terhadap dollar.

Dari zona euro, sentimen positif untuk euro datang dari Italia. Beberapa saat lalu ada kabar bahwa koalisi pemerintah Italia akan berdiskusi untuk mengurangi anggaran fiskal mereka. Salah satunya untuk dapat mengikuti yang diberlakukan oleh Komisi Eropa dengan jatah anggaran fiskal mereka adalah 2% dari PDB Italia.

Hal tersebut menjadi sentimen positif bagi euro dan telah mengurangi kekhawatiran para pelaku pasar akan berlarut-larutnya permasalahan anggaran fiskal Italia yang sempat ditolak oleh Komisi Eropa itu.

Menguatnya euro dan poundsterling telah menjadi sentimen negatif bagi dollar. Hingga pukul 15.57 WIB indeks dollar berada di level 96.75. Melemah 19 poin dari level penutupan perdagangan pekan lalu.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search