Sentimen Positif Masih Berpihak ke Dollar, Rupiah Tergerus

Sentimen Positif Masih Berpihak ke Dollar, Rupiah Tergerus

Kamis, 27 Maret 2014 13:35:49 WIB

Monexnews -

Nilai tukar Rupiah kembali melemah untuk sesi ke-3 berturut-turut di hari Kamis (27/3) lantaran membaiknya beberapa indikator ekonomi Amerika Serikat (AS) terus memberi sentimen positif terhadap dollar.

Berdasarkan data semalam, angka durable goods order AS tumbuh 2,2% di Februari vs (-1.3%) pada bulan Januari. Pada sesi sebelumnya, tingkat kepercayaan konsumen mencatatkan level tertinggi dalam enam tahun terakhir di bulan Maret. Data consumer confidence AS melonjak ke level 82.3 dari bulan sebelumnya di angka 78.3, dan jauh di atas estimasi 78.6. Data-data tersebut semakin menguatkan keyakinan pasar bahwa pemulihan ekonomi AS kini berjalan dengan cepat. Di sisi lain, perbaikan data-data itu juga bisa menjadi sinyal bagi bank sentral AS (the Fed) untuk mempercepat program pemangkasan stimulus moneternya (tapering off) dan dilanjutkan dengan kenaikan suku bunga yang rencananya akan di mulai tahun depan. Pun demikian, pelaku pasar masih menanti data produk domestik bruto AS (GDP) yang diprediksi akan membaik, serta data penting lainnya jobless claim, yang akan diumumkan malam nanti. Selain itu, menjelang akhir bulan permintaan dollar dalam negeri meningkat untuk kebutuhan korporasi. Karena itu, pelaku pasar masih menanti rilis data ekonomi

Indonesia pada awal April mendatang, yang diharapkan kembali membaik.

Di pasar spot valas antar bank, Rupiah ditransaksikan melemah pada kisaran Rp.11440 setelah sempat merosot ke level Rp.11442, plaftform Reuters. Sedangkan pada sesi Rabu kemarin, mata uang berlambang Garuda ini masih mampu menguat ke level Rp.11370 setelah akhirnya di tutup pada level Rp.11415. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search