Sentimen Safe Haven Kembali, USDJPY Melemah ke 113.64

Sentimen Safe Haven Kembali, USDJPY Melemah ke 113.64

Selasa, 02 Oktober 2018 16:00:13 WIB

Pasangan USDJPY berada di bawah tekanan jual pada sesi Eropa, Selasa (2/10/2018) dan sekarang telah mengikis sebagian besar kenaikan di sesi Asia.

Trader tampaknya melakukan aksi profit taking, terutama setelah USDJPY mengalami kenaikan lebih dari 360-pips sejak awal September.

Kenaikan permintaan pasar terhadap dollar tidak bisa menahan pelemahan USDJPY ditambah turunnya minat aset berisiko yang diperkuat mundurnya imbal hasil US Treasury sehingga menguntungkan safe haven yen, kendati data indeks kepercayaan konsumen Jepang di September lalu sedikit lebih baik dari perkiraan, yaitu 43,4 berbanding dengan 43,3 yang tercatat di bulan sebelumnya.

Para ekonom justru khawatir pemerintahan Trump sekarang akan makin mantap bersikap keras terhadap China, setelah AS mencapai kesepakatan perdagangan dengan Kanada, Meksiko dan Korea Selatan sebagai leverage.

Selain dari isu kesepakatan perdagangan, sentimen safe haven dipicu keputusan Italia yang menaikkan defisit transaksi berjalan di 2,4% dari GDP. Komisi anggaran Majelis Rendah Italia dan pemerintah Italia keukeuh pada pendirian untuk menaikkan belanja dan memotong pajak demi mengejar populerisme ke rakyat Italia.

USDJPY diperdagangkan di 113.64, berkurang 0,21% dari penutupan kemarin.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search