SNB Jordan: Batas Nilai Tukar Franc  ‘Sangat Penting’

SNB Jordan: Batas Nilai Tukar Franc ‘Sangat Penting’

Selasa, 24 September 2013 09:50:40 WIB

Monexnews - Nilai tukar franc Swiss masih terlalu tinggi dan batas nilai tukar mata uang dari bank sentral masih sangat penting untuk menjaga perekonomian, ucap Thomas Jordan Presiden Swiss National Bank. Terkait resiko deflasi dan resesi, SNB menetapkan batas nilai tukar 1.20 franc per euro pada September 2011 setelah investor cemas mengenai krisis hutang kawasan dan melambungkan nilai tukar franc yang dinilai sebagai safe haven menuju level paritas.

Batas tersebut ditetapkan pada level dimana nilai tukar franc masih tinggi, ucap Jordan kemarin pada KOF economic institute di Zurich. Hari ini nilai tukar franc masih tinggi. Batas masih merupakan alat kebijakan moneter kami yang sangat penting untuk membatasi resiko pelemahan.

Negara blok Eropa di perkirakan akan berkontraksi sebesar 0.4% tahun ini, menurut perkiraan European Central Bank. Kontras dengan Swiss yang diperkirakan akan bertumbuh 1.5% hingga 2% pada tahun 2013, ucap SNB pada review kebijakan kuartalan pekan lalu. Bank sentral juga mempertahankan batas nilai tukar franc, terkait kemungkinan krisis hutang Eropa yang kembali muncul. SNB telah menghabiskan 188 milyar franc (206 milyar dollar) untuk membeli mata uang asing tahun lalu guna mempertahankan batas tersebut. Petinggi SNB menekankan bahwa tanpa batas tersebut, Swiss mungkin telah jatuh ke dalam resesi.

Kebijakan moneter dapat digunakan untuk meredam siklus fluktuasi, tambah Jordan. Hal itu tidak cocok untuk memperbaiki perkeonomian dalam jangka pendek, tambahnya. Anggota dewan ECB Benoit Coeure bulan April lalu mengatakan batas nilai tukar franc masih dapat diterima selama tidak dampaknya tidak tersebut ke negara lainnya. Partai Sosial Demokrat, partai terbesar kedua pada lower house Swiss, pekan lalu mengatakan franc masih terlalu kuat, menurut pernyataan pada situsnya.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search