Trading GBP dan EUR? Ini Tanggal-Tanggal Penting BREXIT Yang Harus Diperhatikan

Trading GBP dan EUR? Ini Tanggal-Tanggal Penting BREXIT Yang Harus Diperhatikan

Rabu, 02 Oktober 2019 14:55:42 WIB
Bagi anda yang bertransaksi mata uang poundsterling ataupun euro, BREXIT menjadi salah satu isu penting yang bisa memberikan anda peluang trading. Setiap perkembangan BREXIT membuat harga nilai tukar poundsterling (GBP) dan juga euro (EUR) bergerak volatil.

Dua isu penting yang ditunggu pasar mengenai BREXIT adalah kesepakatan sebelum BREXIT dan penundaan BREXIT. Sebagian besar pasar meyakini bahwa ekonomi Inggris dan juga Uni Eropa akan sangat terganggu bila BREXIT terjadi tanpa kesepakatan. Kesepakatan ini akan menjamin transisi pemisahan Inggris dari Uni Eropa yang lebih lancar. Kesepakatan akan mengatur masalah status legal dan hak warga Uni Eropa yang tinggal di inggris dan sebaliknya, kewajiban-kewajiban keuangan antara Inggris dan Uni Eropa, perbatasan-perbatasan, kepastian usaha perusahaan-perusahaan Inggris dan Uni Eropa, dan lain-lain. Oleh karena itu, setiap wacana yang menunjukkan ada kemungkinan terjadinya kesepakatan akan mendorong penguatan poundsterling dan juga euro.

Pertentangan apakah BREXIT akan terjadi di tanggal yang sudah ditetapkan yaitu tanggal 31 Oktober atau pun mengalami penundaan lagi juga menjadi isu yang menggerakan harga pasar. BREXIT yang sesuai jadwal sebenarnya memberikan sentimen positif bagi nilai tukar GBP atau pun EUR. Tapi kalau BREXIT tersebut terjadi tanpa kesepakatan, itu sangat tidak diharapkan sebagian besar pelaku pasar. Penundaan BREXIT pun menjadi alternatif yang memberikan sentimen positif bagi nilai tukar GBP dan EUR karena tidak terjadinya kesepakatan.

Berikut tanggal-tanggal penting terkait BREXIT yang harus diperhatikan:

29 September- 2 Oktober 2019

Konferensi Partai Konservatif pimpinan Boris Johnson. Acara ini cukup penting, apalagi acara ini diadakan menjelang keputusan BREXIT. Partai Konservatif adalah partai berkuasa di Inggris dan Boris Johnson yang juga Perdana Mentri Inggris saat ini akan ditunggu pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan kebijakan BREXIT. Boris Johnson dijadwalkan berpidato hari Rabu ini pada pukul 11.40 pagi waktu setempat atau pukul 17.40 WIB.

17-18 Oktober 2019

Uni Eropa dijadwalkan mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi terakhir menjelang BREXIT. KTT ini akan membahas proposal BREXIT yang telah diajukan oleh pemerintah Inggris. Dan bila proposal disepakati, Uni Eropa akan menandatangani kesepakatan dengan Inggris pada tanggal 19 Oktober.

Tapi bila tidak terjadi kesepakatan, Boris Johnson diwajibkan oleh Undang-Undang untuk mengajukan penundaan BREXIT lagi. Kesediaan Johnson untuk mengajukan penundaan bisa memberikan sentimen positif ke nilai tukar GBP dan EUR.

31 Oktober 2019

BREXIT. Inggris dijadwalkan keluar dari Uni Eropa bila tidak ada lagi penundaan. Hard Brexit atau Brexit tanpa kesepakatan, sangat tidak diharapkan oleh sebagian besar pelaku pasar. Bila Hard Brexit terjadi, GBP dan EUR akan tertekan turun.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search