Trump Serang Kebijakan Pengetatan Moneter  The Fed, Dollar Melemah

Trump Serang Kebijakan Pengetatan Moneter The Fed, Dollar Melemah

Senin, 15 April 2019 15:59:22 WIB

Dollar sedikit lebih rendah pada awal perdagangan di sesi Eropa, Senin (15/4/2019), merespons ucapan Presiden Donald Trump yang kembali menyerang kebijakan Federal Reserve tahun lalu yang sering menaikkan bunga acuan.

Selain itu dollar melemah seiring penguatan aset berisiko di seluruh dunia ditopang laporan musim pendapatan yang menggembirakan dari perusahaan-perusahaan AS dan tanda-tanda lebih lanjut bahwa ekonomi China mendapatkan kembali momentum.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, berada di 96,80, turun 0,13%

Dollar diserang lagi dari Gedung Putih pada akhir pekan, ketika Presiden Donald Trump memperbarui serangannya pada Federal Reserve melalui Twitter, menyalahkannya sebagai penyebab melambatnya pertumbuhan ekonomiAS dan menurunkan harga saham karena memperketat kebijakan moneter.

Serangan Trump yang berulang-ulang terhadap The Fed sangat bertentangan dengan konvensi bank sentral global dimana bank sentral meakukan kebijakan moneter tanpa tekanan politik. Serangan Trump membuatnya lebih sulit bagi bank sentral untuk menaikkan suku bunga.

Mengenai serangan Trump, banyak yang berspekulasi Trump akan menempatkan loyalisnya, Herman Cain untuk menduduki kursi Ketau The Fed berikutnya. Namun senator Partai Republik menyanggah mereka mendukung Cain sebagai calon orang nomor satu di bank sentral AS itu menggantikan Jeremy Powell pada periode berikutnya.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search