Uni Eropa Mungkin Adakan KTT Darurat Untuk Selesaikan Kesepakatan BREXIT, GBPUSD Menguat Di Atas 1.2600

Uni Eropa Mungkin Adakan KTT Darurat Untuk Selesaikan Kesepakatan BREXIT, GBPUSD Menguat Di Atas 1.2600

Selasa, 15 Oktober 2019 11:53:25 WIB
Uni Eropa mungkin akan mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) darurat untuk menyelesaikan kesepakatan BREXIT sebelum tenggat waktu 31 Oktober 2019. GBPUSD Bertahan di atas 1.2600.

Negosiasi untuk menghasilkan kesepakatan sebelum Brexit masih berlangsung, tapi masih memerlukan waktu yang lebih panjang. Ada kemungkinan kesepakatan belum bisa disetujui sebelum tenggat waktu BREXIT. Ini karena masing-masing pihak masih memerlukan waktu untuk mencapai konsensus di internal masing-masing.

Proposal terakhir yang ditawarkan oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson baru akan dibahas di dalam KTT Uni Eropa yang akan berlangsung tanggal 17-18 Oktober dan hasilnya baru bisa diketahui tanggal 19 Oktober. Nah, hasil dari Uni Eropa ini harus dibawa oleh Johnson ke parlemen Inggris untuk dimintai persetujuan. Bila masih ada lagi revisi, Johnson harus mengajukan lagi ke Uni Eropa dan Uni Eropa harus membahasnya lagi dalam KTT. Ini yang menjadi dilema. Johnson menginginkan proposal bisa disetujui lebih cepat oleh Uni Eropa, tapi ini tidak dimungkinkan karena proposal harus melalui persetujuan di KTT Uni Eropa.

Untuk itu, Uni Eropa mungkin akan membantu Inggris dengan melangsungkan KTT Uni Eropa darurat sebelum tenggat waktu Brexit. Niat baik dari Uni Eropa ini memberikan sentimen positif untuk poundsterling (GBP). Saat ini GBPUSD (15/10) sudah berada di kisaran 1.2630.

Persoalan utama dari proposal kesepakatan Brexit adalah soal perbatasan Irlandia Utara yang menjadi wilayah Inggris dengan Republik Irlandia yang adalah anggota Uni Eropa. Inggris ingin kedaulatan penuh atas perbatasan Irlandia Utara. Sementara Uni Eropa tidak ingin pasar tunggal di pulau Irlandia dan proses perdamaian di Irlandia Utara terganggu dengan perubahan kebijakan di perbatasan pasca Brexit.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search