USDJPY Berpeluang Lanjutkan Penguatan di Tengah Sentimen Negatif Seputar Yen

USDJPY Berpeluang Lanjutkan Penguatan di Tengah Sentimen Negatif Seputar Yen

Rabu, 23 Januari 2019 19:25:24 WIB

Pasangan USDJPY mendapatkan kembali traksi positif pada hari ini dan sekarang telah bergerak tidak jauh dari puncak bulanan, yang dibuat pada Jumat lalu.

Safe-haven Yen Jepang kehilangan beberapa kekuatan di tengah meningkatnya risk appetite, terutama setelah penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengklarifikasi bahwa laporan tentang AS membatalkan perencanaan perdagangan dengan China "tidak benar".

Di sisi lain berita negatif dari Jepang juga melemahkan yen, seperti tidak berubahnya suku bunga acuan yang ditetapkan Bank of Japan di -0,10% dan neraca perdagangan yang buruk sepanjang tahun lalu.

Di tahun 2018 Jepang mencatat defisit perdagangan untuk pertama kalinya sejak 2015, dengan pertumbuhan ekspor melambat di tengah ketegangan antara dua mitra dagang terbesar negara itu - Cina dan Amerika Serikat.

Jepang mencatat defisit 1,203 miliar yen ($ 11 miliar) pada 2018 setelah dua tahun surplus, dengan pertumbuhan tahunan dalam ekspor melambat menjadi 4,1 persen dari 11,8 persen pada 2017, menurut data kementerian keuangan yang dirilis Rabu.

Ekspor ke Cina meningkat 6,8 persen, jauh lebih lambat dari pertumbuhan 20,5 persen tahun sebelumnya. Pertumbuhan pengiriman ke Amerika Serikat melambat menjadi 2,3 persen dari 6,9 persen.

"Ekspor ke AS tidak kuat tetapi masih solid, sedangkan pengiriman ke Asia, terutama ke China, melambat," kata Takeshi Minami, kepala ekonom di Norinchukin Research Institute.

Saat penulisan, USDJPY diperdagangkan di 109.65, naik 0,27 persen atau 30 pip.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search