USDJPY Melemah ke 108.93 Dipicu Sentimen Tarif Produk Meksiko dan Data Jepang

USDJPY Melemah ke 108.93 Dipicu Sentimen Tarif Produk Meksiko dan Data Jepang

Jum'at, 31 Mei 2019 13:46:09 WIB

Sentimen safe haven dan data Jepang yang bagus menyebabkan yen menguat terhadap dollar AS, Jumat (31/5/2019). Ketegangan perdagangan global bertambah setelah Presiden Donald Trump secara tak terduga mengancam akan menerapkan tarif sebesar 5 persen pada barang asal Meksiko, dimana tarif akan mulai berlaku 10 Juni dan berlaku hingga arus imigran gelap dari Meksiko berhenti. Padahal Meksiko dan AS telah membaharui perjanjian dagang dalam wadah NAFTA.

Dari perang dagang AS-China muncul pernyataan baru dari mantan gubernur bank sentral China Dai Xianglong yang mengatakan tidak akan ada kemajuan pembicaraan perdagangan AS-China pada saat pertemuan President Xi Jinping dan Donald Trump di forum G-20 bulan depan.

Kenaikan yen juga didukung data ekonomi Jepang, antara lain output industri bulan Mei yang naik 0.6 persen dari bulan sebelumnya, lebih tinggi dari perkiraan analis untuk kenaikan 0,2 persen.

Angka pengangguran bulan April juga turun menjadi 2,4 persen atau sesuai harapan pasar. Sementara penjualan retail bangkit 0,5 persen selama April dibandingkan bulan sama tahun lalu, walau lebih rendah dari estimasi kenaikan 0.8 persen.

USDJPY diperdagangkan di 108.93 turun 0,61 persen atau 67 pip dari penutupan sesi New York semalam.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search