USDJPY Melemah ke 110.30 Respons Krisis Turki

USDJPY Melemah ke 110.30 Respons Krisis Turki

Senin, 13 Agustus 2018 14:33:53 WIB

Yen menjadi buruan trader setelah mata uang lira Turki anjlok dalam di awal pekan ini. Ketidakpastian ekonomi di Turki di tengah inflasi tinggi dan menumpuknya utang luar negeri menjadi penyebab aksi jual lira dan beralih ke mata uang safe haven.

Pada saat penuisan, USDJPY diperdagangkan di 110.30, berkurang 0.54% atau 61 pip dari penutupan akhir pekan.

Dirundung krisis ekonomi, nilai tukar mata uang Turki lira merosot tajam. Hingga Senin posisi lira anjlok lebih 16 persen. Dihitung sejak awal tahun, lira telah melemah 42 persen terhadap dollar AS.

Saat kebijakan pelonggaran moneter akibat krisis global di 2008, banyak bank di Turki yang meminjam uang dalam bentuk dollar dari luar negeri karena bunga yang rendah untuk dipinjamkan ke perusahaan lokal. Tujuannya membuat perusahaan-perusahaan itu bisa tumbuh cepat. Ekonomi Turki pun makin bergantung pada pembiayaan dari luar.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search