USDJPY Menguat ke 109.33 di Tengah Perkembangan Berita Perang Tarif AS-China

USDJPY Menguat ke 109.33 di Tengah Perkembangan Berita Perang Tarif AS-China

Jum'at, 18 Januari 2019 11:20:23 WIB

USDJPY bergerak menguat seiring memudarnya sentimen safe haven yen karena beredar berita positif seputar pembicaraan perdagangan AS-China. Selain itu angka inflasi Jepang di Desember yang lebih rendah dari estimasi ikut melemahkan yen.

Wall Street Journal melaporkan pada hari Kamis bahwa Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengusulkan untuk mengangkat semua atau beberapa tarif impor produk China untuk memberi Beijing alasan untuk membuat konsesi yang lebih dalam dalam pembicaraan perdagangan yang sedang berlangsung antara kedua negara.

Tetapi Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer menolak gagasan itu, khawatir bahwa itu dapat dianggap sebagai sikap AS yang lemah, mengutip orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang masalah tersebut. Seorang pejabat administrasi senior mengatakan kepada Eamon Javers dari CNBC bahwa "tidak ada diskusi untuk menaikkan tarif sekarang."

Namun, analis di Eurasia Group mengatakan bahwa keinginan Presiden Donald Trump dan pemimpin China Xi Jinping untuk menghindari kenaikan tarif lebih lanjut mengurangi kemungkinan perundingan terhenti dalam paruh pertama tahun ini.

Para analis mengatakan daripada mencapai kesepakatan komprehensif dengan batas waktu teoritis 1 Maret, kedua belah pihak akan memperpanjang pembicaraan," tambah mereka, mengatakan perpanjangan itu bisa untuk 90 hari lagi.

Inflasi tahunan Jepang di Desember lalu menunjukkan angka 0,7 persen, masih jauh dari target BOJ di 2 persen, dan juga di bawah estimasi 0,8 persen.

Saat penulisan, USDJPY diperdagangkan di 109.33, naik 11 pip dari penutupan semalam.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search