USDJPY Tegang Menantikan BoJ Meeting

USDJPY Tegang Menantikan BoJ Meeting

Senin, 10 Juni 2013 21:52:22 WIB

Monexnews -

Dollar pulih terhadap mata uang Yen Jepang mendekati level Fibonacci retracement 50% dari swing high dan low dari bulan Mei ke Juni di kisaran 99.35.

Aksi jual mata uang Yen Jepang tampaknya menjadi transaksi paling populer sepanjang 2013 ini, sejak awal tahun berbagai ekonom maupun manajer investasi telah memberikan komentar secara publik terkait rencana mereka untuk melakukan short selling Yen Jepang dan tampaknya telah berhasil membukukan gain sejak awal tahun, dalam kurun January hingga pertengahan Mei, Yen Jepang telah anjlok lebih dari 16% terhadap Dollar AS, dan melemah 13% terhadap Euro dan anjlok 9% vs Poundsterling.

Pelemahan setajam itu hanya dalam 5 bulan tergolong singkat, namun pergerakan harga memang ditunjang oleh kebijakan moneter dan fundamental ekonomi termasuk kinerja pasar obligasi dan saham.

Bagaimanapun pelemahan Yen Jepang mulai terhambat sejak akhir bulan Mei dan memasuki Juni ketika pairing

USDJPY tiba-tiba anjlok dari level puncaknya 103.74 dibawah 100.00 dan menyentuh level 95.00 di pekan lalu. Reversal secara agresif ini hanya terjadi dalam waktu 2.5 minggu. Kemudian dilanjutkan pergerakan hari Jumat, dan Senin ini pairing USDJPY mencerminkan aksi bargain hunting dan kelanjutan aksi jual Yen Jepang oleh beberapa investor.

Arah selanjutnya pairing USDJPY kemungkinan akan ditentukan oleh arah kebijakan moneter Jepang dan AS, jika The Fed semakin serius mengurangi program pembelian obligasinya tahun ini dan laporan retail sales berhasil lampaui estimasi, dan di saat bersamaan Gubernur BoJ pada rapat BoJ besok akan menghasilkan keputusan untuk memperpanjang durasi penyediaan likuiditas dari 1 tahun menjadi 2 tahun dan menambah frekuensi pembelian obligasi, maka volalititas Yen Jepang seharusnya akan mereda.

Skenario terburuk adalah jika data retail sales meleset dibawah estimasi, dan di saat bersamaan kebijakan BoJ menimbulkan kekecewaan terhadap para pelaku pasar. Maka pairing USDJPY tidak tertutup kemungkinan untuk anjlok lebih tajam.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search