USDJPY Turun ke Terendah 4,5 Bulan Seiring Peningkatan Eskalasi Perang Dagang Global

USDJPY Turun ke Terendah 4,5 Bulan Seiring Peningkatan Eskalasi Perang Dagang Global

Senin, 03 Juni 2019 15:08:17 WIB

Yen masih menguat di awal pekan, Senin (3/6/2019), di bawah faktor utama meningkatnya ketegangan perdagangan AS-China usai AS menaikkan tarif pada barang China dua pekan lalu.

Yen bahkan sempat meraih level tertinggi lebih dari empat bulan terhadap dollar pada hari Senin dipicu sikap keras Presiden AS Donald Trump pada perdagangan global meluas ke negara-negara di luar China, dengan ancaman terbaru ke barang asal Meksiko sehingga memicu permintaan investor untuk aset safe haven.

Ketegangan perdagangan global bertambah setelah Presiden Donald Trump secara tak terduga mengancam akan menerapkan tarif sebesar 5 persen pada barang asal Meksiko, dimana tarif akan mulai berlaku 10 Juni dan berlaku hingga arus imigran gelap dari Meksiko berhenti. Padahal Meksiko dan AS telah membaharui perjanjian dagang dalam wadah NAFTA.

Para pejabat AS dan Meksiko sedang mempersiapkan pembicaraan perdagangan setelah pernyataan Trump ini.

Saat penulisan, USDJPY diperdagangkan di 108.23, lebih rendah 2 pip dari penutupan akhir pekan dan sempat menyentuh terendah harian di 108.05, melewati posisi terendah 4,5 bulan 108.17.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search