Yuan Terdepresiasi Vs. Dollar Seiring Masih Pesimisnya Outlook China

Yuan Terdepresiasi Vs. Dollar Seiring Masih Pesimisnya Outlook China

Selasa, 30 Desember 2014 11:36:43 WIB

Monexnews - Mata uang China, yuan, anjlok ke level terendah dalam enam bulan sebelum dirilisnya laporan yang memperkirakan akan menunjukkan negara dengan tingkat ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut kehilangan momentum.

Indeks manajer pembelian (PMI) diperkirakan akan mengindikasikan manufaktur gagal untuk berekspansi di bulan Desember untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun, menurut estimasi median dari ekonom yang di survei oleh Bloomberg sebelum data dirilis pada tanggal 1 Januari. Sebuah laporan swasta besok mungkin akan menunjukkan kontraksi pertama sejak Mei, ditunjukkan dalam survei terpisah.

Di saat pelemahan yuan mendukung ekspor di dalam sebuah perkiraan bahwa ekonomi akan tumbuh pada tahun ini di laju terlambat sejak tahun 1990, ternyata terlalu banyak depresiasi juga beresiko terhadap arus keluar modal yang dapat melukai ekspansi dengan mendorong kenaikan biaya pinjaman. China memangkas suku bunga acuannya di bulan November untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun untuk memacu pertumbuhan.

"Pemangkasan suku bunga telah memicu kecemasan pada ekonomi China dan telah melukai sentimen terhadap yuan," kata Banny Lam, kepala riset di Agricultural Bank of China International Securities Co di Hong Kong. "Investor masih berhati-hati karena data ekonomi masih belum menunjukkan kebangkitannya."

Yuan pada siang hari ini melemah sekitar 0.09% menjadi 6.2274 per dollar, memperpanjang penurunan selama tiga hari menjadi 0.48%, harga di tunjukkan oleh China Foreign Exchange Trade System. Yuan sebelumnya tergelincir ke level terendah di 6.2362, itu adalah level terendah sejak 25 Juni. Mata uang telah melemah sebesar 2.8% terhadap greenback pada tahun ini, menuju penurunan tahunan terbesar sejak 2009.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search