Emas Menguat Ditopang Data Negatif Zona Euro

Emas Menguat Ditopang Data Negatif Zona Euro

Jum'at, 25 Januari 2019 18:08:24 WIB

Emas bergerak menguat di tengah berbagai sentimen negatif yang beredar di pasar hari ini, Jumat (25/1/2019). Data iklim bisnis IFO Jerman yang lebih rendah, menambah beban perekonomian zona euro setelah Kamis kemarin indeks pembelian manufaktur yang mengalami kontraksi.

Emas diperdagangkan di $1282.89 per troy ons, naik 0,17 persen atau 2.27 poin.

Baru saja dirilis iklim Bisnis IFO Jerman di Januari berdetak lebih rendah ke 99,1, lebih rendah dari estimasi 100.7 dan bulan Desember 101. Sementara Kamis kemarin indeks pembelian manufaktur Jerman dicetak di bawah 50, syarat untuk ekspansi industri.

Sikap ECB pada perekonomian dunia saat ini juga cenderung dovish jika kita menyimak komentar Presiden ECB Mario Draghi yang mengakui pertumbuhan ekonomi di zona euro kemungkinan akan lebih lemah dari yang diperkirakan sebelumnya karena sentimen negatif mulai dari perlambatan China hingga Brexit.

Faktor penentu penguatan emas selanjutnya ada pada prospek pembicaraan perdagangan AS-China yang tampaknya masih jauh dari kata sepakat di tengah semakin dekatnya deadline berakhirnya gencatan senjata perdagagnan di 1 Maret atau kurang lebih tersisa satu bulan lagi.

Jika makin berlarut maka emas bisa semakin menguat, sebaliknya, jika AS dan China mencapai kata sepakat, maka emas diprediksi akan berbalik melemah.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search