AS Picu Perang Dagang Baru Dengan Brazil, Argentina, Perancis, Emas Jadi Menguat

AS Picu Perang Dagang Baru Dengan Brazil, Argentina, Perancis, Emas Jadi Menguat

Selasa, 03 Desember 2019 15:26:13 WIB
Harga emas kembali menguat ke atas area $1460 per troy ons setelah pemerintah AS berencana menerapkan tarif impor baru terhadap barang-barang impor dari Brazil, Argentina dan Perancis.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, kemarin (2/12) mengumumkan rencana baru untuk mengenakan tarif terhadap baja dan alumunium impor dari Brazil dan Argentina. Rencana sebagai aksi balasan terhadap kebijakan Brazil dan Argentina yang disebut tidak adil. Brazil dan Argentina dianggap telah melakukan devaluasi nilai tukar yang berlebihan sehingga merugikan petani-petani AS.

Selain itu, pemerintah AS juga berencana menerapakan tarif terhadap barang impor dari Perancis senilai 2,4 miliar dollar AS. Tarif akan dinaikan hingga 100 persen terhadap barang-barang impor populer dari Perancis. Hal ini sebagai balasan terhadap Perancis yang mengenakan kebijakan pajak yang diskriminatif kepada perusahaan teknologi raksaksa AS.

Rencana kebijakan tarif impor baru AS ini menambah kekhawatiran pasar mengenai pelambatan ekonomi global. Padahal, pasar masih dihadapkan pada kisruh dagang AS dan Tiongkok yang sudah memberikan dampak negatif ke pertumbuhan ekonomi global.

Harga emas, XAUUSD, kini berada di kisaran $1462-1463 per troy ons.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search