AS-Tiongkok Semakin Memanas, Harga Emas Melambung ke $1474/Ons

AS-Tiongkok Semakin Memanas, Harga Emas Melambung ke $1474/Ons

Selasa, 06 Agustus 2019 09:56:39 WIB
Harga emas melanjutkan kenaikannya pada awal perdagangan hari Selasa ke level tertingginya di $1474.85/ons karena aksi lindung nilai akibat perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok yang semakin memanas setelah Washington mengatakan bahwa Beijing manipulator mata uang.

Departemen keuangan AS pada hari Senin mengatakan bahwa mereka telah menentukan untuk pertama kalinya sejak tahun 1994 bahwa Tiongkok memanipulasi mata uangnya, dan Washington akan melibatkan lembaga International Monetary Fund (IMF) untuk menghilangkan persaingan yang tidak adil dengan Beijing.

Tindakan dari AS datang setelah Tiongkok membuat mata uang yuan melemah melewati ke level kunci 7 yuan per dollar AS pada hari Senin, untuk pertama kalinya dalam lebih dari sedekade. Kebijakan ini muncul setelah keputusan Trump untuk menaikan tarif 10% terhadap barang impor dari Tiongkok sebesar $300 miliar. Situasi ini memicu ketegangan perang dagang yang sudah mereda sekitar sebulanan.

Langkah ini juga mendorong pelemahan dollar AS terhadap yen dan euro, sementara itu pasar saham berjangka AS juga melemah karena ketakutan konflik dagang dengan Tiongkok akan melukai pertumbuhan ekonomi AS dan laba perusahaan.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search