Dollar ke Level Tinggi 13 Bulan, Emas ke Level Terendah 18 Bulan

Dollar ke Level Tinggi 13 Bulan, Emas ke Level Terendah 18 Bulan

Rabu, 15 Agustus 2018 17:26:00 WIB

Seiring penguatan dollar yang mencapai level tertinggi 13 bulan, harga emas jatuh ke level terendah 18 bulan memasuki sesi Eropa, Rabu (15/8/2018).

Saat penulisan, emas diperdagangkan di $1.185.83 per troy ons, atau berkurang 0.64% atau 7.74 poin dari penutupan kemarin. Level ini menembus level terendah sejak akhir Januari 2017, yakni USD1.185,92.

Pada sesi Amerika semalam, investor menyambut positif kebangkitan mata uang lira Turki setelah dua sesi berturut-turut mengalami pelemahan hebat, mengurangi kekhawatiran penularan krisis ke negara-negara lain di Eropa. Investor mulai menyadari bahwa eksposur di luar Turki mungkin tidak sebesar yang mereka duga.

Namun tampaknya penguatan lira hanya bertahan selama sesi Amerika karena sejak awal perdagangan Rabu dollar kembali menguat

Dollar AS mencapai level tertinggi 13 bulan terhadap sekeranjang mata uang utama pada hari Rabu karena permintaan safe-haven yang berakar pada kekhawatiran atas kejatuhan dari penurunan terbaru lira Turki mendorong investor memborong mata uang AS.

Kekuatan greenback didukung oleh penurunan euro karena pasar khawatir perekomian zona euro bisa terimbas krisis lira disebabkan besarnya eksposur bank-bank Eropa ke Turki. Sejumlah bank besar Eropa memiliki saham mayoritas di bank-bank lokal Turki dan menyumbang lebih dari 10% pendapatan konsolidasi grup.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search