Dominannya Penguatan Dolar AS Telah Menekan Turun Harga Emas

Dominannya Penguatan Dolar AS Telah Menekan Turun Harga Emas

Selasa, 28 Januari 2020 14:10:48 WIB
Reli harga emas yang telah berlangsung beberapa hari terakhir, mulai terhenti pada hari Selasa (28/1) untuk turun ke level $1577.92/onz karena menguatnya dolar melampaui peningkatan kekhawatiran akan virus Korona baru yang telah memicu permintaan terhadap aset safe haven.

Harga emas sebelumnya telah naik dalam empat hari terakhir karena meluasnya virus Korona yang mengguncang pasar keuangan dan mendorong pihak berwenang untuk memberlakukan pembatasan perjalanan dan memperpanjang liburan tahun baru Imlek.

Analis di salah satu bank Australia mengatakan bahwa meningkatnya kekhawatiran akan dampak ekonomi dari virus Korona telah mendorong harga emas naik ke kisaran level $1580/onz.

Dia juga menambahkan bahwa harga emas dapat mencapai level $1600, namun tampaknya akan lebih banyak dikisaran level $1570 - $1590 karena kita perlu untuk dapatkan lebih banyak informasi, karena ada banyak variable yang tidak diketahui disekitar virus.

Emas dipertimbangkan sebagai aset safe haven ketika munculnya ketidakpastian ekonomi dan politik.

Namun, kenaikan harga emas terhenti dibalik menguatnya dolar AS, yang bergerak di dekat level tertinggi hampir dua bulan yang dicapai pada hari sebelumnya.

Investor saat ini akan fokus pada pertemuan pertama Federal Reserve AS tahun ini yang akan dimulai pada hari Selasa, yang diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search