Dua Outlook Ini yang Buat Harga Emas Kembali Menguat

Dua Outlook Ini yang Buat Harga Emas Kembali Menguat

Kamis, 07 Februari 2019 21:36:16 WIB

Harga emas kembali menguat ke level 1311.92 pada perdagangan sesi AS. Kali ini, nampaknya pasar mulai kembali pada aset safe haven emas di tengah isu kekhawatiran global yang terjadi. Salah satunya yang menjadi fokus adalah outlook hubungan dagang AS-China yang masih dalam tahap negosiasi.

Sejak pertemuan antara Wakil Perdana Menteri China dan Menteri Keuangan AS, perundingan atau negosiasi dagang antara AS-China belum berakhir. Masih ada waktu sampai tenggat awal Maret mendatang. Presiden Donald Trump juga akan menemui kembali Presiden China Xi Jinping. Kabarnya, pertemuan tersebut akan berlangsung pekan depan. Ini adalah kali kedua kedua presiden bertemu setelah KTT G20 yang dilaksanakan November 2018 lalu. Dari hasil pertemuan pertamanya itu, keduanya sepakat untuk melakukan "gencatan senjata" dalam rangka menemui titik temu agar hubungan dagang kedua negara bisa berjalan dengan baik.

Meski begitu, pada pidato kenegaraan Presiden Trump Selasa lalu, Trump kembali mengatakan bahwa dirinya akan memprioritaskan kepentingan ekonomi AS. Maka dari itu, dia akan mengusahakan bahwa hasil negosiasi harus menghasilkan kesepakatan. Seperti yang diketahui, salah satu tujuan utama Trump adalah mengurangi defisit perdagangan dengan China.

Selain itu, outlook kebijakan dovish The Fed juga berpotensi menopang harga emas selanjuntya. Pasalnya, The Fed menegaskan bahwa kemungkinan kenaikan suku bunga lanjutan akan sangat bergantung pada situasi fundamental AS. Bahkan Mantan Ketua The Fed pada periode sebelumnya Janet Yellen, sempat memberikan pernyataan bahwa sudah saatnya The Fed menurunkan suku bunganya.

Pukul 21.33 WIB harga emas diperdagangkan di level 1310.72 menguat setelah sempat melemah ke level terendah harian di 1302.77.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search