Emas Bersiap Keluar Dari Range, Menanti Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok

Emas Bersiap Keluar Dari Range, Menanti Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok

Selasa, 10 Desember 2019 10:49:10 WIB
Harga emas bergerak di kisaran sempit di awal pekan ini. Kemarin (9/12), harga emas hanya bergerak sekitar $7, di kisaran $1458-1465 per troy ons. Belum adanya kejelasan mengenai kapan negosiasi dagang Amerika Serikat (AS) - Tiongkok akan berakhir dengan kesepakatan, membuat pasar berhati-hati sehingga harga emas tidak dalam keadaan trending, tapi bergerak ranging atau bolak-balik di kisaran tertentu.

Para pejabat dari kedua pemerintahan telah memberikan indikasi bahwa negosiasi masih terus berlangsung. Dan indikasi ini memberikan sentimen positif yang membawa pelemahan harga emas. Tapi tetap saja belum ada kesepakatan yang terjadi.

Batas penerapan tarif impor baru tanggal 15 Desember 2019 oleh AS bisa dijadikan patokan bagi para trader. Bila AS jadi menerapkan tarif tersebut, ini mungkin akan memberikan sinyal negatif ke pasar yang akan mendorong kenaikan harga emas. Pasar akan mengartikan bahwa negosiasi tidak berhasil memberikan kesepakatan.

Sebaliknya, bila ada pernyataan bahwa penerapan tarif impor tanggal 15 Desember ditangguhkan, pasar akan menanggapi positif dan berekspektasi bahwa kesepakatan sudah dekat. Ini akan mendorong pelemahan harga emas.

Lalu bagaimana potensi pergerakannya ke hari ini?

Pagi ini, dari pembukaan, harga emas berada di kisaran $1960-1962 per troy ons. Biasanya pergerakan sempit ini akan diikuti pergerakan breakout untuk memperlebar kisaran atau range.

Sejak pembukaan pekan ini, harga emas sudah membentuk support di kisaran $1458-1459 per troy ons. Level support ini bisa menjadi pijakan untuk pergerakan rebound harga emas hari ini.

Skenario pertama: harga emas bergerak ke bawah, ke area support. Kemudian muncul pola reversal yang mendorong harga emas berbalik menguat ke area resisten di kisaran level tertinggi kemarin, $1465-1466 per troy ons.

Skenario kedua: harga emas bergerak ke area support dan terus memberikan tekanan ke bawah area support tersebut. Harga emas melanjutkan penurunan menuju support selanjutnya di kisaran $1452-$1454 per troy ons.

Skenario apapun, trader harus mempersiapkan yang terburuk dengan menempatkan stop loss atau strategi balik arah.

(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search