Emas Melemah, Catat Penguatan Bulanan

Emas Melemah, Catat Penguatan Bulanan

Sabtu, 01 Maret 2014 06:43:44 WIB

Monexnews - Emas ditutup melemah pada hari Jumat, namun mencatat penguatan bulanan akibat kekhawatiran melambatnya perekonomian AS menekan dollar. Departemen Perdagangan AS merevisi pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal ke-empat 2013. GDP AS pada estimasi kedua tumbuh 2,4% pada periode Oktober sampai Desember dari tahun sebelumnya, dan dibandingkan estimasi awal yang dirilis bulan lalu sebesar 3,2%.

Emas telah menguat lebih daru 6% pada bulan Februari, sebagian besar disebabkan oleh lemahnya data ekonomi China dan AS serta gejolak politik dan ekonomi di Ukraina, yang meningkatkan permintaan terhadap emas sebagai asset lindung nilai terhadap risiko.

Emas melemah setelah data sentimen konsumen AS yang dirilis Thomson Reuters/University of Michigan naik menjadi 81,6 diatas estimasi awal 81,2 dan angka pada bulan Januari. Data Chicago PMI untuk bulan Februari naik menjadi 59,8 dari bulan sebelumnya sebesar 59,6, dan mematahkan estimasi penurunan 57,9 dari analis. Data-data tersebut sempat membuat Wall Street rally yang menekan emas hingga ke level terendah harian $1.319,90 per troy ons. Namun kekhawatiran akan kemungkinan Rusia melancarkan aksi militer ke Ukraina membuat bursa saham AS tertekan.

Emas pada perdagangan Jumat ditutup pada level $1.326,00 per troy ons. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search