Emas Menuju Penurunan Dua Pekan Beruntun

Emas Menuju Penurunan Dua Pekan Beruntun

Jum'at, 25 Juli 2014 10:15:35 WIB

Monexnews - Emas melemah tipis pada perdagangan sesi Asia hari ini, dan menuju penurunan dalam dua pekan beruntun. Hingga hari ini emas telah melemah dalam lima dari enam hari terakhir akibat data-data ekonomi global yang apik membuat risk appetite investor meningkat sehingga mengurangi permintaan emas sebagai safe haven. Emas saat ini diperdagangkan pada kisaran $1.292,24 per troy ons. Aktivitas manufaktur China yang merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia naik ke level tertinggi dalam 18 bulan terakhir. HSBC melaporkan indeks aktivitas manufaktur sebesar 52,0, naik dari bulan sebelumnya sebesar 50,7, dan lebih tinggi dari estimasi ekonom sebesar 51,0. Pekan lalu China juga melaporkan produk domestik bruto di kuartal kedua tumbuh 7,5% dari tahun sebelumnya, lebih tinggi dari estimasi sebesar 7,4%.

Sementara dari AS data klaim pengangguran mingguan dilaporkan turun ke level terendah dalam 8 tahun terakhir. Departemen Tenaga Kerja melaporkan klaim tunjangan pengangguran turun 19.000 menjadi 284.000 klaim untuk pekan yang berakhir 19 Juli. Jumlah klaim tersebut merupakan yang terendah sejak Februari 2006. Produk domestik bruto AS diperkirakan tumbuh 2,9% pada kuartal II dari periode yang sama tahun sebelumnya, setelah pada kuartal I lalu berkontraksi 2,9%. Penambahan tenaga kerja atau non-farm payrolls AS di bulan Juli diperkiarakan sebesar 225.000, setelah pada bulan Juni lalu berhasil menambah 288.000 tenaga kerja. Data PDB AS akan dirilis pada 30 Juli sementara NFP akan dirilis pada 1 Agustus. Dari sisi permintaan, China yang pada tahun lalu mengambil alih tahta India sebagai konsumen emas terbesar di dunia dilaporkan mengalami penurunan konsumsi emas sebesar 19% pada semester pertama tahun ini. Sedangkan gejolak geopolitik yang terjadi di Ukaraina maupun jalur Gaza masih menjadi perhatian meski belum mampu menopang penguatan emas. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search