Harapan Positif Negosiasi Dagang Buat Harga Emas Turun $8

Harapan Positif Negosiasi Dagang Buat Harga Emas Turun $8

Jum'at, 18 Januari 2019 20:43:18 WIB

Harga emas melemah cukup dalam ke level $1281.21 per troy ons di perdagangan sesi AS. Sentimen risk appetite investor pulih seiring dengan harapan positif dari negosiasi dagang lanjutan antara AS-China. Kemarin, menurut laporan Wall Street Journal Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin akan mempertimbangkan untuk mengurangi tarif impor untuk China.

Selain itu, pada 30-31 Januari mendatang, wakil Perdana Menteri China Liu He juga dijadwalkan akan pergi ke AS. Pada momen tersebut, disebutkan bahwa pertemuan itu diharapkan menjadi pertemuan terakhir antara kedua negara untuk bisa menghasilkan kepastian hubungan dagang. Hal ini juga bertepatan dengan tenggat waktu negosiasi selama 90 hari pasca pertemuan G20 sebelumnya.

Harapan positif tersebut membuat permintaan aset safe haven - emas dan yen - cenderung berkurang sehingga berdampak pada pelemahan harga emas dan yen. Jika akhir bulan nanti dihasilkan hubungan yang baik antara AS-China, atau eskalasi perang dagang tidak meningkat lagi, maka ini bisa menjadi perkembangan yang positif di tengah kekhawatiran pasar akan perlambatan ekonomi global. Terutama dengan data GDP China yang akan dirilis Senin nanti dengan ekspektasi melambat di angka 6.4%.

Pukul 20.40 WIB harga emas berada di level $1283.22 per troy ons, melemah lebih dari $8 dari level penutupan perdagangan kemarin.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search