Harga Emas Bergerak Naik, Namun Masih Bukukan Penurunan Mingguan Terburuk Dalam 2-Bulan

Harga Emas Bergerak Naik, Namun Masih Bukukan Penurunan Mingguan Terburuk Dalam 2-Bulan

Jum'at, 17 Januari 2020 20:06:05 WIB
Harga emas bergerak naik pada hari Jumat (17/1), mencapai level $1559.70 (hingga pukul 19:58 WIB), meskipun masih berada di jalur untuk membukukan penurunan mingguan terbesar dalam dua bulan karena solidnya data ekonomi Tiongkok dan kesepakatan dagang fase pertama AS-Tiongkok meningkatkan permintaan aset berisiko.

Bursa saham global naik ke rekor tertinggi setelah data menunjukkan ekonomi Tiongkok stabil dan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut akhiri tahun 2019 dengan catatan yang sedikit lebih kuat karena gencatan senjata perdagangan yang menghidupkan kembali kepercayaan pebisnis.

Analis dari salah satu broker internasional mengatakan bahwa prospek pertumbuhan dan outlook inflasi masih rapuh yang mana itu mendukung harga emas, namun ini hanya pergerakan konsolidasi saat ini.

Dia juga menambahkan bahwa kami melihat sejumlah bank sentral yang memangkas suku bunga kemarin, ditambah pertumbuhan ekonomi zona Euro yang masih menjadi pertanyaan besar dikalangan investor.

Hasil jajak pendapat Reuters pada hari Rabu menunjukkan bahwa meskipun prospek untuk pertumbuhan dan inflasi masih suam-suam kuku di zona Euro, kemungkinan untuk terjadinya resesi agak memudar.

Bank sentral Afriks Selatan pada hari Kamis memangkas suku bunga acuannya, berikan stimulus kepada perekonomian yang sedang lesu karena menurunnya perkiraan inflasi secara signifikan.

Langkah ini juga diikuti oleh Turki dan Argentina.

Analis tersebut mengatakan bahwa orang-orang saat ini mencari penggerak harga baru karena kesepakatan dagang telah ditandatangani dan telah dilakukan. Kemana perginya untuk saat ini agak tidak pasti dan itu mungkin akan mendukung harga emas.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search