Harga Emas Di Level Rendah $1496 Per Troy Ons Karena Dua Sentimen Ini

Harga Emas Di Level Rendah $1496 Per Troy Ons Karena Dua Sentimen Ini

Selasa, 20 Agustus 2019 10:10:02 WIB
Harga emas sudah dua hari beruntun mengalami pelemahan dan tutup di level rendah. Harga emas saat ini (20/8) bergerak di kisaran $1496 dan masih berpeluang untuk melemah. Meredanya kekhawatiran terhadap resesi di Amerika Serikat (AS) dan berkurangnya tensi perang dagang AS dan Tiongkok menjadi alasan pelemahan harga emas.

Pekan lalu, beberapa data ekonomi AS seperti data penjualan ritel, indeks harga konsumen dan indeks manufaktur, dirilis lebih bagus dari ekspektasi pasar. Ini yang mendorong persepsi pasar terhadap ekonomi AS berubah menjadi positif. Tingkat imbal hasil obligasi AS pun naik kembali.

Semalam (19/8), pemerintah AS memberikan ijin sementara kepada perusahaan-perusahaan AS untuk berbisnis dengan Huawei. Ijin diberikan selama 90 hari ke depan. Melunaknya sikap AS ini tentunya akan mengurangi tensi dagang AS dengan Tiongkok yang masih berlangsung. AS dan Tiongkok bersiap kembali ke meja perundingan di awal September ini.

Kedua sentimen tersebut mendorong para pelaku pasar untuk keluar dari aset safe haven atau aset aman dan memborong aset-aset berisiko seperti saham.

Namun demikian, para trader harus mewaspadai naiknya kembali harga emas karena isu stimulus moneter dari bank sentral global, terutama AS. Notula (minutes) rapat Bank Sentral AS dan Eropa serta pertemuan bank sentral di Jackson Hole, AS akan menjadi perhatian pelaku pasar untuk mencari petunjuk mengenai stimulus atau pelonggaran moneter.

Jadwal data ekonomi lengkap bisa di lihat di sini: https://monexnews.com/calendar/homeCalendar.htm
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search