Harga Emas Jadi Aset Safe Haven di Tengah Eskalasi Perang Dagang

Harga Emas Jadi Aset Safe Haven di Tengah Eskalasi Perang Dagang

Senin, 17 September 2018 22:25:57 WIB

Harga emas terus lanjutkan reli penguatannya hingga perdagangan sesi AS pada hari ini dengan berhasil kembali menembus ke atas level psikologis 1200. Penopang harga emas pada hari ini di tengah dollar yang melemah. Meski sempat dikatakan sebagai aksi bargain hunting, namun melihat sentimen kembali mengkhawatirkannya eskalasi perang dagang antara AS-China, nampaknya harga emas berpeluang mendapat momentumnya kembali sebagai aset safe haven.

Menurut informasi, pada hari Senin waktu Washington, Presiden Trump dikabarkan akan mengumumkan kebijakan tarif impor baru untuk barang-barang China senilai $200 milyar. Hingga berita ini ditulis, belum ada perkembangan terbaru mengenai pengumuman tersebut.

Meski begitu, Menteri Luar Negeri China juga mengatakan bahwa jika memang AS terus melaksanakan sikap proteksionismenya tersebut, maka pihak China akan merespon kebijakan tersebut. Biasanya, respon yang sudah terjadi adalah bentuk pembalasan terhadap AS dengan turut menaikkan tarif impor untuk barang-barang AS ke China.

Kondisi tersebut telah menjadi sentimen negatif untuk dollar sehingga terus memperlihatkan pelemahannya yang berdampak positif pada reli harga emas pada hari ini. HIngga pukul 22.22 WIB harga emas telah menguat dan diperdagangkan di level $1202.81.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search