Harga Emas Malu-Malu Turun Karena Damai Dagang AS-Tiongkok

Harga Emas Malu-Malu Turun Karena Damai Dagang AS-Tiongkok

Jum'at, 22 November 2019 10:59:02 WIB
Hari ini sudah hari ke-13 beruntun, harga emas bertengger di bawah kisaran $1500 per troy ons. Di bulan Oktober lalu, harga emas juga pernah bergerak di bawah $1500 per troy ons, tapi cuma bertahan 10 hari. Kesepakatan dagang AS dan Tiongkok yang semakin dekat yang membuat harga emas bertahan turun. Dan kali ini turun hingga $1445 per troy ons.

Beberapa hari belakangan ini, beragam komentar dari pejabat Tiongkok dan AS membuat harga emas naik turun. Setiap komentar negatif mengenai negosiasi dagang, harga emas langsung naik dan sebaliknya, pernyataan dan gestur positif yang mengarah ke kesepakatan dagang, membuat harga emas melemah.

Kemarin malam, pejabat Tiongkok mengundang negosiator AS untuk bertandang ke negri Tirai Bambu sebelum libur Thanksgiving untuk membahas lebih dalam mengenai kesepakatan dagang. Selain itu, pejabat AS mengatakan bahwa AS kemungkinan tidak akan menerapkan kenaikan tarif impor tanggal 15 Desember meskipun perjanjian dagang belum ditandatangani sebelum tanggal tersebut. Ini adalah gestur positif yang mendorong pasar melepas emas sebagai aset aman dan mulai beralih ke aset berisiko.

Tapi ini belum berakhir sampai kesepakatan dagang benar-benar ditandatangani. Drama baru bisa saja terjadi. Pernyataan yang negatif sedikit saja yang bisa membawa harga emas naik lagi. Dan bahkan bisa meroket lagi ke atas $1500 per troy ons bila kenyataan kesepakatan semakin menjauh.

Lalu bagaimana memanfaatkan peluang di emas saat ini?

Dari grafik 4 jam, kita bisa menarik garis tren yang menghubungkan dua level bawah tanggal 12 dan 18 November 2019 yaitu di dekat 1445 dan 1456.
Saat ini harga sedang bergerak di bawah garis tren itu yang menunjukkan adanya tekanan turun.

Harga emas juga sedang berada di bawah Moving Average 50 yang juga menunjukan potensi tekanan turun. MA 50 saat ini berada di kisaran 1470-1472. Level ini bisa menjadi pertimbangan untuk area SELL.

Potensi target pertama yaitu ke kisaran konsolidasi 1462-1466. Dan target berikutnya ke level rendah di 1456 dan 1445.

Namun, fundamental yang sangat positif yang mengarah ke kesepakatan dagang, bisa mendorong harga melemah lebih dalam ke area 1430-1410.

Trader harus berhati-hati bila harga sudah melewati 1479. Lewat level ini, ada potensi harga bergerak menguat lebih jauh ke kisaran 1490 an.

Fundamental mengenai kesepakatan dagang sangat berperan ke pergerakan harga emas saat ini.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search