Harga Emas Masih Di Dekat Level Puncak Karena Tingkat Imbal Hasil Obligasi AS Yang Semakin Rendah

Harga Emas Masih Di Dekat Level Puncak Karena Tingkat Imbal Hasil Obligasi AS Yang Semakin Rendah

Kamis, 29 Agustus 2019 10:30:43 WIB
Harga emas masih bertengger di kisaran $1540 per troy ons (29/8). Penguatan harga emas ini dibantu oleh tingkat imbal hasil obligasi Amerika Serikat (AS) terus menurun, kekhawatiran perang dagang yang berkepanjangan dan resesi.

Tingkat imbal hasil obligasi AS telah turun kembali sejak 4 hari terakhir dan sudah dalam tren penurunan sejak awal November tahun 2018. Tingkat imbal hasil atau yield obligasi AS tenor 10 tahun hari ini (29/8) berada di kisaran 1.467%, sedikit lebih rendah dibandingkan penutupan kemarin, 1.478%. Selain yield obligasi tenor 10 tahun, yield tenor 30 tahun dan 2 tahun juga dalam tren turun.

Penurunan tingkat imbal hasil ini bisa mengindikasikan bahwa prospek suku bunga acuan AS ke depan adalah lebih rendah dari yang sekarang. Selain itu, hal ini juga bisa mensinyalkan bahwa ekonomi AS ke depan sedang menuju pelemahan.

Indikasi-indikasi tersebut bisa mendorong para pelaku pasar meninggalkan aset-aset dollar AS dan beralih ke aset lain. Emas diuntungkan dengan situasi ini. Harga emas masih bertahan di level atas.

Selain itu, perang dagang yang berkepanjangan mulai mengerogoti perekonomian global yang bisa mengarah ke potensi resesi. Hal ini semakin mendukung para pelaku pasar beralih ke emas sebagai aset safe haven.

Harga emas sudah mencetak level tertinggi baru tahun ini di bulan Agustus ini, di $1555.03 per troy ons. Level ini adalah level tertinggi sejak April 2013, sudah lebih dari 6 tahun. Dan level tertinggi ini masih memiliki peluang untuk ditembus kembali, mengingat faktor-faktor yang mendukung penguatan harga emas masih belum hilang.





(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search