Harga Emas Melesat Naik ke $1548.37, Masih Terpicu Ketegangan di Timur Tengah

Harga Emas Melesat Naik ke $1548.37, Masih Terpicu Ketegangan di Timur Tengah

Jum'at, 03 Januari 2020 16:44:47 WIB
Harga emas memperkuat relinya di sesi perdagangan Eropa hari Jumat (3/1) untuk naik ke level $1548.37/onz hingga pukul 16:44 WIB, karena meningkatnya ketegangan di Timur Tengah setelah pejabat militer senior Iran terbunuh dalam serang udara AS, selain itu pelemahan dolar AS juga berikan dukungan terhadap logam mulia.

Serangan di Baghdad yang diperintahkan oleh Presiden Donald Trump telah menewaskan Qassem Soleimani, Jenderal Iran yang memimpin tentara Revolusi Qud. Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei bersumpah akan melakukan pembalasan yang hebat.

Harga emas terlihat mempertahankan kenaikannya sejak tahun 2019 di awal tahun ini karena melemahnya dolar dan kembalinya kekhawatiran geopolitik. Harga emas telah naik 18% di tahun lalu, mencetak kenaikan tahunan terbesar sejak tahun 2010.

Berdasarkan Bloomberg Intelligence, bulan Januari adalah bulan terbaik untuk emas dalam sejarah. Jika harga menyamai kenaikan rata-rata bulan Januari sebesar 2.7% dalam 20 tahun terakhir, mereka akan melewati kenaikan yang mencapai level tertinggi enam tahun di bulan September lalu. Logam mulia akan mendekati level $1600 di bulan Februari jika mereka menyamai rata-rata kenaikan 5.2% dalam lima tahun terakhir.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search