Harga Emas Menguat Ke $1519 Per Troy Ons Karena Risiko Perang Dagang Dan Geopolitik

Harga Emas Menguat Ke $1519 Per Troy Ons Karena Risiko Perang Dagang Dan Geopolitik

Senin, 23 September 2019 09:44:37 WIB
Harga emas di Senin pagi ini (23/9) sudah melonjak ke kisaran $1519,50 per troy ons. Kenaikan harga emas ini karena pesimisme para pelaku pasar terkait negosiasi dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok serta ketegangan politik di Timur Tengah.

Pada hari Sabtu pagi kemarin, muncul kabar bahwa delegasi Tiongkok yang saat ini sedang berada di Washington, AS, untuk melakukan negosiasi dagang dengan pihak Amerika Serikat, menolak untuk mengunjungi peternakan AS yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Kabar ini memberikan sinyal negatif ke para pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga emas karena pasar khawatir negosiasi dagang tidak menghasilkan kesepakatan yang diharapkan.

Tapi laporan dari surat kabar Xinhua menyebutkan bahwa AS dan Tiongkok telah melakukan pembicaraan yang konstruktif selama negosiasi dagang yang telah berlangsung 2 hari di akhir pekan lalu di Washington. Kedua belah pihak setujui untuk melanjutkan diskusi ke rapat selanjutnya yang akan berlangsung di bulan Oktober.

Selain isu perang dagang, ketegangan di Timur Tengah juga telah meningkatkan kekhawatiran di kalangan para pelaku pasar. Akhir pekan lalu, kementrian pertahanan AS melaporkan rencana untuk mengirimkan pasukan tambahan ke Timur Tengah. Militer yang akan dikirimkan akan fokus ke pertahanan udara dan misil. Tindakan ini merupakan dukungan AS terhadap Arab Saudi setelah serangan bom oleh pemberontak Houthi, Yaman, yang disinyalir didukung oleh Iran.

(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search