Harga Emas Naik ke $1495 Karena Ketidakpastian Pembicaraan Dagang AS-Tiongkok

Harga Emas Naik ke $1495 Karena Ketidakpastian Pembicaraan Dagang AS-Tiongkok

Selasa, 15 Oktober 2019 11:11:54 WIB
Harga emas bergerak naik pada sesi Asia hari Selasa (15/10) ke level $1495.43 per troy ons karena pasar yang mempertimbangkan berita terbaru mengenai masalah-masalah dalam pembicaraan dagang antara AS dengan Tiongkok.

Harga emas bergerak naik setelah laporan Bloomberg menunjukkan bahwa Tiongkok saat ini ingin untuk mengadakan lebih banyak diskusi sebelum tanda tangani kesepakatan dagang "fase pertama yang sangat substansial", seperti yang diungkapkan Presiden AS Donald Trump pada pekan lalu. Sikap Tiongkok tampaknya bertentangan dengan pernyataan Presiden AS pada hari Jumat yang mengatakan bahwa kedua belah pihak semakin dekat untuk mencapai kesepakatan.

Beijing saat ini ingin Trump untuk membatalkan kenaikan tarif di bulan Desember selain kenaikan tambahan yang dijadwalkan untuk pekan ini.

Menteri keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara bahwa dia perkirakan kenaikan tarif di bulan Desember akan memiliki dampak terhadap kedua negara jika tidak tercapainy kesepakatan saat itu.

Mnuchin mengatakan bahwa saya berharap, kalau tidak ada kesepakatan mengenai tarif itu akan diberlakukan, saya berharap kami mencapai kesepakatan dagang.

Namun, kenaikan harga emas terlihat terbatas, karena editor surat kabar Tiongkok Global Times, Hu Xijin mencoba meredakan kekhawatiran pasar.

Dalam tweetnya, dia menuliskan bahwa berdasarkan yang saya tahu, pembicaraan dagang AS-Tiongkok telah hasilkan sebuah terobosan pada pekan lalu dan kedua belah pihak memiliki kemauan yang kuat untuk mencapai kesepakatan akhir. Pernyataan awal pihak Tiongkok adalah moderat. Itu tidak berarti sikap Tiongkok yang sebenarnya tidak positif.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search