Harga Emas Tembus Ke Atas $1450 Per Troy Ons Karena Fed

Harga Emas Tembus Ke Atas $1450 Per Troy Ons Karena Fed

Jum'at, 19 Juli 2019 09:40:11 WIB

Harga emas dunia menembus level $1450 per troy ons dan mencetak level tertinggi $1452,90 per troy ons pagi ini (19/7). Level ini adalah level yang tertinggi sejak Juni 2013. Harga emas ANTAM pun sudah mencapai level Rp 714.000 per gram.

Kenaikan harga emas ini dipicu oleh pernyataan dari dua pejabat Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve) yaitu John C. Wiliams (Presiden Bank Sentral AS cabang New York) dan Richard Clarida (Wakil Gubernur Bank Sentral AS). Keduanya memberikan dukungan terhadap pemangkasan suku bunga acuan AS tahun ini.

Isu pemangkasan suku bunga acuan AS mendorong pelemahan dollar AS. Dollar AS yang melemah biasanya mengangkat harga komoditas termasuk emas.

Sehari sebelumnya, laporan Dana Moneter Internasional (IMF) menyebutkan bahwa dollar AS sudah over-value sebesar 6-12%. Hasil laporan ini sejalan dengan keinginan Presiden Trump terhadap suku bunga acuan AS yang lebih rendah.

Di sisi lain, beberapa persoalan global juga membantu penguatan harga emas seperti isu perang dagang AS dengan Tiongkok yang belum selesai, ketegangan di Timur Tengah karena Iran dan isu BREXIT yang belum usai. Ketiga isu ini menciptakan kekhawatiran pelaku pasar terhadap pelambatan ekonomi. Kekhawatiran yang meningkat akan mendorong aliran investasi ke aset aman atau aset safe haven seperti Emas.

Harga emas saat ini (19/7 pukul 9:35) tercatat di kisaran $1444,82, dengan kisaran resisten di $1452,90 dan support di $1432.



(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search