Harga Emas Terkoreksi Ke $1633 Setelah Naik 5-Hari Beruntun

Harga Emas Terkoreksi Ke $1633 Setelah Naik 5-Hari Beruntun

Selasa, 25 Februari 2020 16:21:35 WIB
Harga emas bergerak turun pada hari Selasa (25/2) ke level $1633.08/onz karena investor yang membukukan keuntungan dari lonjakan harga yang naik ke level tertinggi dalam tujuh tahun kemarin serta menguatnya pasar ekuitas. Namun penurunan bersifat terbatas dan sudah mulai kembali rebound ke kisaran $1653/onz (hingga pukul 16:11 WIB) karena masih adanya kekhawatiran akan lonjakan kasus virus korona di luar Tiongkok.

Kenaikan dalam jumlah korban baru yang disebabkan virus korona diluar Tiongkok yang telah terjadi dalam beberapa hari terakhir telah memberikan dukungan untuk logam mulia yang merupakan aset safe haven.

Berbagai negara di Timur Tengah melpaorkan kasus virus korona untuk pertama kalinya pada hari ini, sementara itu meluasnya virus telah mencapai ke Korea Selatan dan Italia.

Aksi profit taking yang terjadi hari ini telah menjadi alasan untuk penurunan harga emas pada hari ini, meskipun meningkatnya ketakutan akan lonjakan virus korona baru telah membatasi penurunan harga emas.

Kepala analis di salah satu broker internasional mengatakan bahwa penurunan sebesar 1% pada hari ini karena margin call namun jelas telah memicu gelombang ambil untung tambahan.

Dia juga menambahkan bahwa di dalam lingkungan seperti ini, ketika pasar saham jatuh, mudah untuk menutup margin call. Namun mengingat pasar yang menjauhi aset berisiko, kita seharusnya melihat beberapa dukungan untuk emas.

Beberapa analis yakin dengan memburuknya situasi virus mungkin akan menekan Federal Reserve AS untuk memangkas suku bunga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa dia mengharapkan wabah berdampak material pada kesepakatan dagang fase pertama antara AS dengan Tiongkok, meskipun itu bisa berubah karena lebih banyak data yang datang dalam beberapa pekan mendatang.

(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search