Harga Emas Tumbang ke $1573/onz Karena Kebijakan Moneter Terbaru PBOC

Harga Emas Tumbang ke $1573/onz Karena Kebijakan Moneter Terbaru PBOC

Senin, 03 Februari 2020 16:55:07 WIB
Harga emas bergerak turun pada hari Senin (3/2) ke level $1573.48/onz setelah sempat naik ke level tinggi empat pekan, karena bank sentral Tiongkok yang memangkas suku bunga repo dan menyuntikan likuiditas ke pasar untuk membantu menopang perekonomian yang terpukul oleh wabah Korona yang menyebar dengan cepat.

Pemerintah Tiongkok telah berjanji untuk akan menggunakan berbagai alat kebijakan moneter untuk memastikan likuiditas tetap cukup memadai dan untuk mendukung perusahaan-perusahaan yang terkena dampak wabah di Wuhan, yang sejauh ini telah merenggut 361 nyawa.

Analis pasar di salah satu broker internasional mengatakan bahwa faktanya bahwa People Bank of China (PBOC) telah menahan dampak dari virus dengan membuat emas bergerak lebih rendah.

Dia juga mengatakan bahwa faktor ketakutan di Asia telah menurun sehingga mereka tidak membeli emas, namun masih ada yang perlu dipertimbangkan dampak dari virus itu dalam jangka panjang, mengingat faktanya bahwa 50% di Tiongkok telah ditutup pada pekan ini maka akan ada penurunan produksi dan konsumsi.

People Bank of China menurunkan suku bunga repo 7 hari menjadi 2.40% dari tenor 14 hari menjadi 2.55%, serta menyuntikan likuiditas sebesar 1.2 triliun yuan ke pasar melalui pembalikan operasi repo.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search