Kabar Gencatan Senjata Arab Saudi-Houthi Dorong Pelemahan Harga Emas

Kabar Gencatan Senjata Arab Saudi-Houthi Dorong Pelemahan Harga Emas

Senin, 30 September 2019 10:08:46 WIB
Harga emas bergerak turun Senin pagi ini (30/9) ke kisaran $1491 per troy ons. Pelemahan harga emas ini mengikuti kabar gencatan senjata antara Arab Saudi dengan pemberontak Yaman, Houthi.

Arab Saudi bergerak melakukan gencatan senjata parsial di Yaman dengan pemberontak Houthi. Keputusan Arab Saudi ini mengikuti deklarasi gencatan senjata pemberontak Houthi pekan lalu. Keputusan gencatan senjata dari kedua belah pihak ini menurunkan ketegangan geopolitik di Timur Tengah sehingga mendorong para pelaku pasar untuk masuk kembali ke aset-aset berisiko dan keluar dari aset safe haven.

Selain itu, data indeks manufaktur Tiongkok bulan September yang lebih baik dari ekspektasi pasar juga membantu pelemahan harga emas. Indeks manufaktur versi pemerintah Tiongkok dirilis 49,8, lebih bagus dari perkiraan 49,6. Dan indeks manufaktur versi Caixin dirilis 51.4, lebih bagus dari ekspektasi 50,2. Hasil ini memberikan sentimen positif ke pasar keuangan yang mendorong para pelaku pasar beralih ke aset berisiko.

Di sisi lain, harga emas masih dibayangi oleh risiko perseteruan dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok. Beberapa pernyataan dari kedua belah pihak pekan lalu malah memperuncing friksi di antara keduanya. Yang terakhir, AS berniat membatasi aliran investasi para investor AS ke Tiongkok. Risiko perang dagang yang berlanjut bisa mendorong kenaikan harga emas kembali.

Awal Oktober ini, AS dan Tiongkok dijadwalkan akan melanjutkan negosiasi dagang di AS untuk tingkat menteri. Pasar menantikan hasil dari negosiasi ini. Kesepakatan yang diterima oleh kedua belah pihak, bisa memberikan tekanan turun ke harga emas. Tapi sebaliknya, tidak adanya kesepakatan akan mendorong harga emas menguat lagi ke atas area $1500 per troy ons.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search