Kekacauan di Hong Kong Dan Spekulasi Fed Akan Bersikap Dovish Telah Menopang Kenaikan Harga Emas

Kekacauan di Hong Kong Dan Spekulasi Fed Akan Bersikap Dovish Telah Menopang Kenaikan Harga Emas

Selasa, 13 Agustus 2019 08:41:04 WIB
Harga emas masih bergerak di atas level $1500/onz pada awal perdagangan hari Selasa setelah kemarin mencapai level tertinggi sejak Agustus 2013 di level $1519.83/onz dibalik sentimen kekacauan politik di Hong Kong dan ekspektasi bahwa Federal Reserve akan dipaksa untuk melakukan pengurangan suku bunga kembali, dengan tekanan terbaru datang dari Presiden AS Donald Trump.

Harga emas saat ini bergerak di level $1515.51/onz, dengan level tertinggi di level $1517.19/onz.

Aksi demostrasi yang berlangsung sejak akhir pekan lalu di bandara internasional Hong Kong dilaporkan telah menyebabkan dibatalkannya semua penerbangan, sementara Beijing mengatakan bahwa protes yang sedang berlangsung berada di "titik kritis" dan kekerasan perlu dihentikan.

Menurut laporan Global Times, polisi bersenjata Tiongkok telah berkumpul di kota tetangga Shenzen untuk "latihan", meningkatkan spekulasi bahwa Beijing mungkin bersiap untuk merespon dengan kekuatan.

James Hyerczyk, analis pasar senior di FX Empire mengatakan bahwa berita tersebut telah mendorong turun pasar ekuitas AS dan yield obligasi global, membuat emas menjadi investasi yang lebih menarik.

Spekulasi bahwa the Fed akan mengikuti pelongaran bank sentral global setelah Tiongkok devaluasi mata uang yuan juga mendukung harga emas.

Presiden AS Donald Trump pada hari Jumat telah menyerukan kepada The Fed untuk menurunkan suku bunga acuan dengan persentase penuh, dengan mengatakan bahwa ekonomi negara telah "terbelenggu" oleh kebijakan moneter bank sentral AS.

(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search