Kekhawatiran Menjelang Kenaikan Tarif AS Kepada Tiongkok Menopang Kenaikan Harga Emas di Awal Pekan

Kekhawatiran Menjelang Kenaikan Tarif AS Kepada Tiongkok Menopang Kenaikan Harga Emas di Awal Pekan

Senin, 09 Desember 2019 11:17:52 WIB
Harga emas merangkak naik pada hari Senin (9/12) ke level $1461.52/onz setelah Washington menegaskan sikapnya untuk batas waktu putaran baru tarif AS kepada barang-barang Tiongkok pada akhir pekan lalu, kondisi ini mendukung permintaan untuk aset safe haven.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow pada hari Jumat mengatakan bahwa batas waktu 15 Desember masih berada di tempatnya untuk putaran baru tarif AS kepada barang-barang Tiongkok untuk dijalankan, namun Presiden AS Donald Trump kemungkinan lebih menyukai kondisi pembicaraan dagang dengan Tiongkok yang masih berlangsung.

Sikap hati-hati pasar dapat mendukung permintaan terhadap emas, yang cenderung dipandang sebagai alternatif aset selama periode ketidakpastian politik dan ekonomi.

Penyelesaian kesepakatan dagang fase pertama antara AS dengan Tiongkok pada awalnya diharapkan akan terjadi di bulan November, menjelang putaran bari tarif AS di pertengahan Desmber, untuk mencakup sekitar $156 miliar pada impor barang-barang Tiongkok.

Sebelumnya, harga emas turun sekitar 1% pada hari Jumat setelah data menunjukkan pertumbuhan jumlah tenaga kerja AS naik ke level tertingi hampir 10 bulan di November, sinyal terkuat sejauh ini namun bahaya dalam ekonomi masih terlihat belum terhenti.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search