Kesepakatan Dagang Parsial Tidak Memuaskan Pasar, Harga Emas Menguat Lagi Ke $1490 Per Troy ons

Kesepakatan Dagang Parsial Tidak Memuaskan Pasar, Harga Emas Menguat Lagi Ke $1490 Per Troy ons

Senin, 14 Oktober 2019 15:19:12 WIB
Hingga Senin siang ini (14/10), harga emas terlihat bergerak menguat ke kisaran $1490 per troy ons menanggapi kesepakatan dagang sementara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang belum memuaskan pasar.

Pada hari Jumat pekan lalu waktu AS, negosiasi dagang AS dan Tiongkok menghasilkan kesepakatan parsial. Kesepakatan tersebut meliputi pembelian produk pertanian AS oleh Tiongkok sebesar $40-$50 milyar. Kesepakatan parsial ini juga meliputi hak kekayaan intelektual dan kebijakan di industri jasa keuangan Tiongkok. AS memberikan penundaan kenaikan tarif 5% untuk barang yang diimpor dari Tiongkok yang seharusnya diberlakukan tanggal 15 oktober.

Para analis dan pelaku pasar menyebutkan bahwa kesepakatan ini belum menyentuh area-area sensitif seperti soal keamanan siber, transfer teknologi, pencurian hak kekayaan intelektual, Huawei dan daftar hitam perusahaan Tiongkok. Kesepakatan ini juga tidak menghilangkan tarif yang sudah diberlakukan AS terhadap barang impor Tiongkok. AS juga tidak menyinggung tarif yang akan diberlakukan di tanggal 15 Desember.

Hal-hal ini menyebabkan para pelaku pasar skeptis mengenai kelanjutan dari kesepakatan parsial ini. Kesepakatan parsial ini masih harus dituangkan ke perjanjian, dan ini membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Selain itu, perkembangan negosiasi pasca kesepakatan parsial untuk membahas hal-hal yang lebih sensitif bisa kembali berlangsung alot dan penuh friksi.

Friksi karena alotnya negosiasi dagang bisa menimbulkan kembali kekhawatiran pasar dan menyebabkan aset-aset safe haven kembali dikoleksi.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search