Ketegangan di Ukraina Meningkat, Emas Menguat

Ketegangan di Ukraina Meningkat, Emas Menguat

Rabu, 06 Agustus 2014 19:23:22 WIB

Monexnews - Peningkatan ketegangan yang terjadi di Ukraina membuat investor menghindari aset berisiko dan beralih ke aset safe haven sehingga membuat emas menguat pada perdagangan hari ini. Bursa saham Asia melemah pada perdagangan hari ini, dan bursa saham Eropa saat ini merosot lebih dari 1%.

Gejolak geopolitik di Ukraina dan Timur Tengah merupakan faktor yang menopang pengautan emas sekitar 7% sepanjang tahun ini. Tensi ketegangan di Ukraina saat ini kembali meningkat setelah Menteri Luar Negeri Polandia, Radoslaw Sikorski mengatakan Rusia mengumpulkan pasukannya dekat perbatasan dengan Ukraina, entah untuk memberikan tekanan atau untuk masuk ke negara tetangganya tersebut.

Wakil Sekretaris Jendral NATO, Alexander Vershbow mengatakan Rusia menempatkan sebanyak 20.000 pasukan di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina. Sementara juru bicara Pentagon mengatakan jumlah pasukan bersenjata Rusia saat ini berada lebih dekat dengan Ukraina dibandingkan saat musim semi lalu.

Investor emas juga tetap memperhatikan data ekonomi AS setelah laporan pada hari Selasa kemarin menujukkan ekonomi AS terus mengumpulkan momentum pertumbuhan. Data indeks aktivitas non-manufaktur dari Institute for Supply Management melesar menjadi 58,7 di bulan Juli, dari bulan sebelumnya sebesar 56,0, dan di atas estimasi ekonom sebesar 56,6. Angka di bulan Juli tersebut merupakan level tertingggi sejak bulan Februari 2011. Data lain menunjukkan pesanan pabrik naik 1,1% di bulan Juni dari bulan sebelumnya yang turun 0,6%. Persentase kenaikan tersebut di atas estimasi kenaikan oleh ekonom sebesar 0,6%.

Emas saat ini diperdagangakan pada kisaran $1.296,73 per troy ons, dengan level terendah harian $1.287,50 dan tertinggi $1.298,56. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search