Ketidakstabilan Ekonomi Kembali Membuat Harga Emas ke Bawah Level $1200

Ketidakstabilan Ekonomi Kembali Membuat Harga Emas ke Bawah Level $1200

Selasa, 04 September 2018 15:15:14 WIB

Harga emas kembali melemah dan terus bergerak lebih rendah setelah melewati level psikologis $1200. Nampaknya saat ini status safe haven pada emas mulai tergerus melihat belum mampunya harga emas bergerak jauh di atas level $1200. Pada pekan lalu, harga emas sempat pulih hingga ke level tinggi $1214. Ternyata penguatan tersebut tidak bisa bertahan lebih lama.

Belum beralihnya minat investor terhadap dollar, kondisi memanasnya perekonomian global dan kekhawatiran perekonomian di negara emerging markets, semakin membuat harga emas mendapatkan sentimen negatif.

Beberapa sentimen yang masih berlangsung seperti proteksionisme yang dilakukan Presiden Trump. Kebijakan tarif impor yang ia kibarkan kepada beberapa mitra dagang utamanya telah mengguncang kestabilan perekonomian global. Banyaknya investor yang akhirnya terus memilih dollar dibarengi oleh solidnya perekonomian AS. Belum lagi proyeksi kenaikan suku bunga dari The Fed yang diperkirakan akan terjadi pada September dan Desember akhir tahun ini.

Pukul 15.11 WIB harga emas diperdagangkan di level $1193.80 melemah tajam setelah sempat menyentuh level tinggi harian di $1201.96. Tampaknya pelemahan harga emas berpotensi berlanjut.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search